Berita Terbaru Terkini

Pidato Singkat Terbaru - Cara Mensyukuri Nikmat Umur

Contoh Teks Pidato Singkat – Segala sesuatu yang ada di dunia ini,semuanya memiliki umur. Baik itu manusia, hewan, tumbuhan, planet dan bahkan benda, hanya saja umur benda berbeda dengan yang lainnya. Bisa dikatakan yang disebut berumur untuk benda hanya masa pakainya saja. Jika sebuah benda sudah rusak mungkin bisa disebut kalau umur benda itu sudah habis.. hee 

Berbicara tentang umur, adalah salah satu nikmat yang paling besar yang diberikan oleh Alloh kepada kita untuk menjalani hidup di dunia ini. Umur merupakan tonggak utama dalam kehidupan kita, kenapa dikatakan sebagai tonggak utama? karena tanpa ada umur kita tidak akan bisa menjalani hidup. Dan pada dasar semua makhluk yang ada di dunia ini memiliki umur. Yang membedakan hanya panjang atau pendeknya saja.

Anehnya di  zaman sekarang ini jika seseorang sudah sampai atau menginjanjak pada umur kelahirannya, mereka merayakan hari ulang tahunnya itu dengan bermewah-mewahan atau dengan berpesta pora. Padahal  seharusnya kita bersedih karena umur kita pada saat itu telah berkurang. Yang harus kita lakukan adalah bersyukur atau berdoa kepada Alloh dengan mensyukuri nikmat umur panjang itu.

 ajal tidak menunggu taubatmu

Begitu banyak sob penjelasan mengenai umur, jika di bahas disini tentunya tidak akan efektip. Maka dari itu saya akan menjelaskan dan membahas masalah umur dalam contoh teks pidato singkat yang ada di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Berikut ini adalah ulasannya :

Assalau’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Alhamdulillah pada kesempatan ini kami dapat bertemu muka dengan bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara yang dirahmati Alloh. Harapan kami semoga pertemuan ini membawa manfaat bagi kita semua. Amin

Kaum muslimin yang berbahagia

Alloh SWT senantiasa mencurahkan nikmat-Nya kepada kita dengan macam-macam ikmat yang tak dapat dihitung banyaknya. Walaupun kita jadikan air lautan untuk jadi tinta dan semua ranting dan batang kayu menjadi tangkai penanya, belumlah akan dapat terhitung jumlah nikmat Alloh yang telah kita pergunakan setiap hari nya, mulai dari sejak terbitnya matahari sampai terbenamnya dan terbit lagi. 

Alloh berfirman :

Artinya : “Dan jika kmau menghitung-hitung nikmat Alloh, Niscaya kau tidak dapat menentukan jumlahnya" (QS. An Nisaa’: 18)

Sungguh benar firman Alloh itu, andaikan kita ingin juga hendak menghitungnya satu persatu, mengenai macam-macam nikmat yang kita masukan ke dalam perut dengan melalui kerongkongan saja, rasanya akan payah kita buat menghitungnya, apa-apa macamnya, berpa banyaknya yang kita masukan setiap hari kedalam perut kita. Konon pula untuk menghitung macam-macam nikmat yang lain. Cuma manusia juga yang kadang-kadang lupa kepada Alloh yang Maha pengasih dan Maha pemurah memberikan serba macam nikmat itu. 

Kaum muslimin yang berbahagia

Diantara banyak nikmat Alloh yang kita pakai dan kita pergunakan setiap hari, maka yang sangat kita rasakan sekali ialah nikmat umur yan kita pakai sekarang ini. Umur yang kita pakai sekarang ini adalah salah satu nikmat Alloh yang mahal harganya dan paling tiinggi nilainya. Tidak dapat kita nilai harganya dengan uang yang bertum[uk-tumpuk dan dengan emas yang berbungkal-bungkal. Umur yang kita pakai sekarang ini tidak sama dengan umur nenk moyang kita dahulu kala, yang lebih tinggi nilainya harga umur kita ini dibandingkan dengan harga umur mereka.

Kalau Alloh SWT telah memanjangkan umur kita sekarang ini, maka sudah sepantasnya sebagai tanda terimakasih dan syukur kita kepada Alloh yang telah memberikan nikmat umur panjang, hendaklah kita pergunakan umur kita yang panjang ini untuk mengabdi serta beribadah kepada Alloh, mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya. Nserta bersedia menegakan hukum-hukum Alloh dengan patuh dan tunduk. 

Semakin bertambah umur kita setahun semakin dekat kepada ajal dan semakin dekat pula kita untuk masuk ke liang kubur. Karena itu hendaklah umur kita yang ada sekarang ini dapat kita pergunakan sebaik-baiknya sebelum datang ajal. Sebelum umur kita bercerai dengan badan. Jangan sampai terlambat dan jangan sampai kita terpedaya karena kekuatan kita, karena kekayaan karena semua itu akan berakhir bila malaikat maut sudah menceraikan roh kita dari badan.

Marilah kita perhatikan sabda Nabi Muhammad SAW :

خَيْرُالَّنَاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ , وَشَّرُالنَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ

Artinya : “Sebaik-baiknya manusia ialah orang yang diberi umur panjang, dan umur yang panjang itu dia gunakan untuk membikin kebaikan sebanyak-banyaknya. Dan sejahat-jahatnya manusia ialah orang yang diberi Tuhan umur panjang tetapi umur panjang itu mereka gunakan untuk membikin kejahatan dan kerusuhan-kerusuhan saja.” (HR. Ahmad)

Dengan sabda Nabi itu dapatlah kita mengambil perhatian dan keinsyafan supaya kita dapat menggunakan umr kita yang berharga ini dengan sebaik-baiknya menurut apa yang telah digariskan oleh agama serta ridho Alloh SWT.

Kaum muslimin yang berbahagia

Umur yang kita pergunakan sekarang ini akan nanti oleh Alloh akan dimintakan pertanggung jawaban, untuk apa umur kita dihabiskan? Baru saja jasad kita selesai dikuburkan, belum lagi hilang jejk telapak kakib manusia yang mengantarkan kita ke kubur, pertama yang ditanyakan oleh Alloh ialah mengenai umur, kemana dihabiskan dan untuk apa umur kamu, kamu pergunakan? Dan pada waktu itu kita dapat berdusta sedikitpun, sebab seluruh anggota badan menjadi saksi tentang apa dan untuk apa dipergunakan umur kita yang sekian lama kita pakai. Barulah pada hari itu timbul ppenyesalan yang sangat dalam, yang mana penyesalan tidak lagi berguna sebab sesal kemudian tak ada gunanya.

Menangislah, meatapi karena menyesali perbuatan pada waktu itu, namun tangis dan ratap tidak menolong sedikitpun, umur akan melaprkan kepada Alloh, semua apa yang telah diperbuat dan dikerjakan di dunia. Umur akan menceritakan dihadapan Alloh nantinya, bahwa aku selama berada di tubuh si anu sekian tahun lamanya, sekian kali di bawa berbuat maksiat, berjudi dan lain-lain.
Semakin tinggi pangkatnya semakin besar kekuasaannya semakin doyan pula membawa aku ketempat maksiat, semakin bertambah kekayaan semakin lupa terhadap Alloh dan bertambah nafsu berbuat maksiat.Begitulah kira-kira umur, bila umur kita dipergunakan untuk bermaksiat dan begitu sebaliknya.

Kaum muslimin yang berbahagia

Bagi manusia yang beriman kepada Alloh, pasti mempercayai bahwa pada suatu saat yang telah ditentukan umurnya akan bercerai dengan badan bila ajalnya sudah datang dan dia pulang ke Rahmatulloh buat mempertanggung jawabkan umurnya kepada Alloh. Bila kepercayaan ini sudah tumbuh dan sudah menjadi keyakinan yang kuat masing-masing manusia tentu akan berhati-hai untuk sisa umurnya yang tertinggal inni, sebelum datang ajalnya untuk mencapai khusnul khotimah, yaitu penghabisan umur yang baik. 

Akhirnya itulah yang dapat saya sampaikan, sebagai penutup marilah kita gunakan kesempatan hidup kita ini untuk memperbaiki langkah kita yang lalu, agar mencapai kehidupan yang berbahagia dan sukses memperoleh kemenangan yang diridhai oleh Alloh SWT.
Demikianlah apa yang dapat kami sampaikan semoga ada manfaatnya. Akhirul kalam 

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Itulah contoh naskah pidato singkat mengenai “cara mensyukuri nikmat umur” semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih 

Kunjungi Juga :